pembangkitan listrik

Friday, August 15, 2014

Mengenal Teknologi VTEC Pada Mesin Honda


Dengan bertumbuhnya perhatian  dalam perlindungan lingkungan global, langkah-langkah aktif sedang  diambil  dalam pengembangan  kendaraan, seperti pengembangan dalam konsumsi bahan bakar, udara buang yang bersih, dan pengurangan gangguan mengemudi.

Untuk menjawab tantanagn tersebut honda telah mengembangkan type direct actuated sitesm kontrol katup yaitu VTEC (Variable valve timing and lift electronic control system). Prinsip dasar dari dari vtec yaitu memberikan komponen mesin dengan chamsaft yang mempunyai  2 penggerak yang disebut dengan “cams” yang berbeda ukuran sperti gambar dibawa ini



Bagaimana cara kerja VTEC ?


Pada saat Putaran mesin rendah biasanya kurang dari 4500rpm, cam yang ukuran dua diantaranya lebih pendek akan menggerakkan rocker arm. Hal ini akan membatasi besarnya bukaan katup, yang akan merubah batas jumlah udara yang masuk ke mesin lbih sedikit. hal ini bagus untuk efisiensi. Pada waktu ini central cam yang ada di tengah tidak mnggerakkan rocker arm.

Pada saat putaran mesin tinggi >4500 rpm, sebuah solenoid menginjeksikan lebih banyak minyak kedalam rocker arm yang akan mendorong pin yang terletak pada central rocker arm kearah luar. Pin ini akan menguci central rocker arm kedalam dua roker arm yang mengapitnya. Central rocker arm akan mengatur  bukaan katup lebih banyak, menyebabkan liran udara masuk lebih banyak untuk meningkatkan performa mesin.






Pada saat putaran mesin tinggi >4500 rpm, sebuah solenoid menginjeksikan lebih banyak minyak kedalam rocker arm yang akan mendorong pin yang terletak pada central rocker arm kearah luar. Pin ini akan menguci central rocker arm kedalam dua roker arm yang mengapitnya. Central rocker arm akan mengatur  bukaan katup lebih banyak, menyebabkan liran udara masuk lebih banyak untuk meningkatkan performa mesin.
untuk lebih jelasnya lihat animasi dan gambar berikut  :



No comments:

Post a Comment