Dengan bertumbuhnya perhatian dalam perlindungan lingkungan global,
langkah-langkah aktif sedang diambil dalam pengembangan kendaraan, seperti pengembangan dalam
konsumsi bahan bakar, udara buang yang bersih, dan pengurangan gangguan
mengemudi.
Untuk menjawab tantanagn tersebut honda telah
mengembangkan type direct actuated sitesm kontrol katup yaitu VTEC (Variable
valve timing and lift electronic control system). Prinsip dasar dari dari vtec
yaitu memberikan komponen mesin dengan chamsaft yang mempunyai 2 penggerak yang disebut dengan “cams” yang berbeda
ukuran sperti gambar dibawa ini
Bagaimana cara kerja VTEC ?
Pada saat Putaran mesin rendah biasanya kurang dari 4500rpm,
cam yang ukuran dua diantaranya lebih pendek akan menggerakkan rocker arm. Hal
ini akan membatasi besarnya bukaan katup, yang akan merubah batas jumlah udara
yang masuk ke mesin lbih sedikit. hal ini bagus untuk efisiensi. Pada waktu ini
central cam yang ada di tengah tidak mnggerakkan rocker arm.
Pada saat
putaran mesin tinggi >4500 rpm, sebuah solenoid menginjeksikan lebih banyak
minyak kedalam rocker arm yang akan mendorong pin yang terletak pada central rocker
arm kearah luar. Pin ini akan menguci central rocker arm kedalam dua roker arm
yang mengapitnya. Central rocker arm akan mengatur bukaan katup lebih banyak, menyebabkan liran
udara masuk lebih banyak untuk meningkatkan performa mesin.
Pada saat putaran mesin tinggi >4500 rpm, sebuah solenoid menginjeksikan lebih banyak minyak kedalam rocker arm yang akan mendorong pin yang terletak pada central rocker arm kearah luar. Pin ini akan menguci central rocker arm kedalam dua roker arm yang mengapitnya. Central rocker arm akan mengatur bukaan katup lebih banyak, menyebabkan liran udara masuk lebih banyak untuk meningkatkan performa mesin.
untuk lebih jelasnya lihat animasi dan gambar berikut :
No comments:
Post a Comment